27.5.12

Honorificabilitudinitatibus

May 12th


26 Huruf. Ada dalam kamus besar bahasa Timbuktu. Yakali yabagi yatambah yasamadengan. Shakespeare bilang itu artinya Negara yang mampu mencapai kehormatan.

Malam tadi aku ke bukit Moko. Bandung Timur 5km dari Saung Udjo. Mencoba lenyap dari kebisingan bumi Parahyangan. Aku sih ikut-ikut saja. Jarang-jarang si Cadel sama si Abeng ke rumah. Sekalian mencari udara malam ala pria.tapi belum dewasa.

Sekip saja cerita perjalanan yang nyasar mau ke kuburan cina, yang motor mundur lagi nabrak orang tapi ke belakang, yang hanya mengandalkan insting atau sebut saja sotoy. Sampai sekarang aku masih tidak mengerti bagaimana caranya si abeng nabrak orang dengan cara mundur. Akhirnya si mamang yang ditabrak hanya bilang “yaa gimana enaknya aja lah”-sambil so so betulin step_yang gak knapa2, liat2 mesin_padahal doi gatau bedanya mesin cukur jenggot ama motor.

Lalu sampai di puncak bukit. Selama aku menjelma sebagai Sundanis yang hanya tau Aing-Maneh dan kulit kota Bandung, aku baru tahu kenapa Plat B itu membrondong di kota ini. Aku bisa melihat sebuah kota dengan payung awan mendung_yang sebenarnya polusi_tapi biar penduduk kota ini tidak terlalu panik akan masa depan, maka sebut saja awan mendung, Aku suka kota Bandung. Tapi tidak dengan para teknokratnya. Semalaman kita berkoar-koar tentang kota, tentang negara ini seolah hanya kita bertiga penerus bangsa yang bener2 waras. Budaya, pendidikan, pemimpin, otoriter, reformasi, ah semuanya memang manis kala dibicarakan di warung kopi. Serasa semua demokrasi yang benar2 ada hanya di warung kopi. Semua berhak berkata, ngedumel, sampai hinaan2 pada anak2 ibu pertiwi yang duduk di singgasana. Walau hanya pesen bandrek, semua opini ya kumaha dewek. (gimana gue, -red)

Honorificabilitudinitatibus - Negara yang mampu mencapai kehormatan. Benih-benih orang Indonesia hanya dididik menghormat kain merah, kain putih selama 15 menit. tiap senin pagi.Hanya akan menyadarkan bahwa nanti kalau mati, kamu akan berdarah. Merah. Lalu dibalut kain. Putih.
Selamat hari Indonesia, Setiap hari hariku adalah Indonesia.

#obrolan di warung kopi. demokratis. sangat nasionalis. dan semua hanya opini pribadi

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...