27.5.12

Nyanyian Lagu S(et)uju

May 10th


Sebenarnya aku lagi tidak berniat menulis apa-apa buat hari ini. Hanya sedang kebetulan saja subuh buta aku hilang arah mau melakukan apa. Ya sudah ini jalan hidupku selama mungkin 15 menit ke depan.

Dua hari lalu aku ke Jakarta Timur. Cakung. Bukan maksud menjelek-jelekkan ibu kota, tapi maaf-maaf kata memang jelek. Kawah candradimuka bernama jakarta, tak dinyana hanya cantik di poster-poster visit Indonesia. Tidak pula di poster-poster pemilihan gubernur. Lalu kenapa gubernur-gubernur Jakarta yang terpilih adalah orang-orang dengan nama berakhiran vokal O? Aku pikir mereka bukan asli Betawi yang ingin merengkuh tahta tinggi, lalu berbuat banyak dosa politik. Kasihan Jakarta. Sudah tua, hidup merana,didurhakai anak-anaknya.
Aku ke Jakarta untuk interview sebuah perusahaan otomotif. Aku pikir memang rekrutmen untuk magang ternyata salah, itu tes masuk kerja. jam 8.25 aku baru sampai. macet sialan. 5 menit telat, kedatanganku ke ibu kota akan sia-sia.

psikotes, 3 dimensional tes, sketching, presentasi. total 6 jam aku berada di ruangan semi formal itu. Apa-apa harus berbahasa inggris, padahal nama petugasnya paling sumarna. 15.00 aku pulang. menginap di rumah Upi lalu pulang besoknya jam 6 pagi. Sungguh terimakasih sebanyak-banyaknya bintang2 di langit batuhiu untuk Upi dan Yoda mengantarku ke ibu kota. Tadinya aku sempat berpikir untuk menginap di Masjid. Dikatain tolol.

Kemarin aku dikontak lagi sama si Mbak Orin. Aku keterima. tapi ditanya, keperluanku daftar untuk apa. aku jawab saja magang. lalu telepon tidak bersuara agak lama. si mba orin itu nanya kapan aku lulus. aku jawab 2013. yaudah, kata dia liat tahun depan lagi. untuk sekarang aku baru tahu 1 hal lagi : Lolos pekerjaan akan dibatalkan kelolosannya kalau masih di bawah umur. Perusahaan besar memang melihat sosok tua bangka sebagai panutan, sudah banyak pengalaman, loyalitas. Ah lagi-lagi pemikiran kolot. Membahas hal ini akan membuatku meracau emana-mana apalagi ke dosen-dosen di kampusku. tapi sudahlah. nanti kuceritakan lain kali.kalau ingat

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...