12.12.13

Hari Makan Ban Nasional

Desember 10.

Akhir tahun. Jadi sering mendengar istilah "tutup buku". Pengalaman saya berurusan dengan pihak-pihak yang punya wewenang mengelola anggaran, istilah itu terkesan 'wah'. Tempo hari misalnya sepulang lomba di Surabaya. Mendadak diminta cepat-cepat buat Surat perjalanan dinas oleh lembaga X. Tujuannya memang baik buat kami. Mengganti biaya akomodasi. Namun agak janggal ketika pihak-pihak tersebut-lah yang terkesan memburu kami, bukan sebaliknya. Padahal kalau dilihat faktor siapa yang butuh kan kami yang membutuhkan banget dibanding beliau-beliau. Tapi memang tujuan beliau baik. Berusaha melayani sebaik mungkin.

Ada lagi di program studi. Ruang dosen baru saja kedatangan tamu Televisi segede waladdolin inchi. Buat apa? Nonton. Nonton apa? Pelem. Ditonton sama siapa? ya yang di situ. Keuntungan buat mahasiswanya? Nggak ada (kalau gak ikutan nonton). Ada lagi copic tuh di meja. Banyak bener. Padahal harga satuannya mahal bener. Bener-bener deh. Oya btw WC juga jadi kelas vvip, tapi musholla kagak diurus sekalian. Masa mentingin berak ketimbang ibadah.


***

Sore ke suniaraja. Ke tukang akrilik yang hampir tutup. Ada sebatang teteh-teteh yang keliatannya udah ngebet banget pengen balik. Pas nanya-nyanya juga dia jawabnya asa males-malesan. Malah nyuruh "coba ke tempat X aja di jalan otista". Bukannya malah bikin tertarik menggunakan jasa tempatnya bekerja, yang ada malah males juga ke sana lagi. Memang sih sudah jam pulang. Tapi namanya pelanggan bo ya dilayani sebaik mungkin lah. Kalau begitu terus kerjaan teteh ga ada barokahnya.

***

Desember 11 - Hari Makan Ban.

Baru memulai aktivitas siang hari setelah pagi-paginya diserang migrain tak surut-surut. Maksain biarpun hujan becek-becek. Pertama ke karapitan dulu cari pompa air, selang, sambungan, sama nanya pembuatan kolam ikan custom. Toko-toko di sana lagi menyambut Natal, musik-musiknya kristian semua. Ikan di sana KTP-nya Katolik/Protestan.

Kontradiktif dengan hari kemarin, pelayan kali ini teteh-teteh juga namun ramah dan murah senyum. Nanya ini itu dilayani sepenuh hati. Bingun nyari kasir juga ditunjukin. Pindah ke toko sebelah sama. Ditanya bukanya sampai jam berapa, dia bilang sampai jam setengah 6 juga gapapa. 

Sepulang dari sana, mampir ke suniaraja lagi, ke tempat yang berbeda dari yang kemarin. Nanya pembuatan kolam juga, tapi gak bisa. Untungnya koko-koko ini orangnya asik gitu. Dia ngasih tau tempat yang bisa bikin di daerah RS. Santosa. Maka bergegaslah saya ke sana. Kalau saja bukan karena bertemu orang-orang ramah, hari itu bakal jadi hari paling menjengkelkan semumur-umur mengerjakan TA. Ban motor kempes/bocor. Padahal baru berapa hari yang lalu itu ganti ban dalem. Didorong sampai daerah stasion ada tukang tambal ban. Abis dari sana, kok rasanya masih ada yang salah. Di jalan motor gak beres. Gak sampe sejam, itu ban hacep di depan pasar baru. Duar!! Dorong lagi sampai jalan Sudirman. Kali ini ganti daleman lagi. Ban-nya. Pas dilihat, ternyata ban luar yang masalah. Yaudin sementara pake dulu. Pulang dari tempat akrilik yang ditunjukin si koko suniaraja, ketemu tempat tambal ban yang gak cuma bisa ganti daleman, tapi juga yang luar. Pas ditanya ke si aa-nya, doi musti ngambil dulu di gudang. Yaudang ditungguin. 

Pas nunggu, ketemu jajanan langka masa kini. Bandrek bajigur! Budak pendek gede bujur. Yaampun terakhir jajan beginian tuh entah jaman paleolitikum atau mesopolipantai lupa. Waktu itu masih pacaran. Yang pasti sekarang ini ketemu gerobaknya aja susah apalagi isinya.


Jadi, jajanan ini isinya bukan cuma bandrek bajigur, tapi ada kacang rebus, nagasari (kue basah isi pisang), pisang rebus, ketan, hui (ubi), dll. Saya beli nagasari + kacang rebus. Harganya sekarang 2000an. Jaman dulu nagasari masih 200 perak dengan kualitas pisang yang telah diuji di itb dan ipb. Tapi ketemu jajanan begini saja udah bahagia. Tapi sayangnya ini hujan, dan sendirian, dan di tukang tambal ban. #combo.


No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...