24.1.14

GASPOL,MAS!

Geger. Kemarin ada parhat abas mau bubarin KM ITB katanya. Dengan mengusung partai GAS_ITB di twitter, dia cuit-cuit soal pergerakan mahasiswa ITB yang cuma jago di dunia maya, sedangkan di dunia nyata itu kontribusinya kagak banyak kerasa. Tujuannya mulia, tapi penyampaiannya yang bermasalah. Kalo kata nyoman sih caranya itu yang bikin dia dihakimi. Malam tadi di intel lagi ramai. Saya sih gak ke sana. Ngamatin via grup wasapnya kabinet dan beberapa narasumber. Endingnya, tentu km itb gak dibubarin, akun gas itb itu dihapus, dan fenomena ini banyak jadi hiburan malam massa kampus. Sayangnya, mungkin si mimin anak kelautan itu bakal dipandang kurang bagus di kancah civitas akademika kampus karena aksinya itu. Poor mimin is poor.

Ada yang datang ke sana lalu bilang 'ah kecewa nih ga ada konklusi, buang-buang waktu aja'.Seolah-olah datang ke sana itu sia-sia. Kalau jeli, ternyata ada loh manfaatnya datang ke acara yang sia-sia. Itu membuatmu sadar kalau nanti jangan jadi sia-sia seperti itu. Segala tindakan perlu dipikirkan matang. Jangan bertindak spekulatif yang tidak berbeda seperti berjudi. Mengklaim kalau itu tindakan berani, tapi ternyata bodoh. Keberanian itu datangnya setelah kecerdikan. So, cerdik dulu baru berani.

Dan pelajaran lainnya soal aksi tadi adalah, jadilah mahasiswa yang membuka jalan, bukan pengikut yang manut-manut. Untung kalau dibawa ke jalan yang betul. Nah kalau disesatkan sih jangan bawa-bawa. Biarpun dicap sebagai orang gendheng karena jalan yang kita ambil belum pernah dilalui mahasiswa lain. Jadi mahasiswa yang banyak eksplorasi, banyak aksi, banyak resolusi. Saya pikir ketiga itu cukup mewakilkan tiga hal : belajar dari masa lalu, bertindak di masa kini, dan melihat ke masa depan. Kita semua sedang belajar akan hal itu. Tapi jangan lama-lama. Orang lain sudah mempelajarinya sejak lama.

***

"I wake up. It's a bad dream. 
No one on my side.
I was fighting. 
But I just feel to tired 
to be fighting, 
guess i'm not a fighting kind"

Ini dalam artinya sebenarnya, bukan kiasan. Tidur jam 11 tapi bangun jam 2 pagi. Karena mimpi. Tapi saya terlalu malas membeberkan kejadian di mimpi.

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...