18.12.14

Selesaikan dulu sebelumnya

December 19th

Dalam perjalanan, ada hal-hal yang lebih berharga untuk dinikmati saja tanpa harus dipotret, apalagi selfie. Ya, karena saya merasa harus selalu meminta maaf kepada the real adventurers yang memang menikmati perjalanan tanpa sibuk dengan dokumentasi. Saya bukan traveler, bukan penjelajah, bukan tourist, petualang, atau apapun itu namanya. Saya ya orang yang menyukai perjalanan. Belum banyak yang saya kunjungi, kebanyakan di pulau jawa. Cita-cita ya pasti keliling dunia, namun seperti orang pada umumnya, harus tunggu waktu.

Jujur saja saya paling tidak suka bernarsis-narsis ketika di perjalanan. Foto diri sendiri di spot yang sama berkali-kali lalu dipost di media sosial bukan keahlian saya. Sehingga ketika saya bertemu orang semacam itu, saya agak alergi. Maklum lah, semenjak 'traveling' itu mulai dirambahi alay-alay dari planet Narsisme, esensi perjalanan itu sendiri menjadi hilang. Sudah jarang ditemui obrolan di kereta dengan orang asing, sudah jarang ditemui pendaki yang membuat karya di puncak gunung, sudah jarang. Kecenderungan manusia alay mengejar sunrise atau sunset di spot-spot tertentu yang merasa membuat dirinya 'penjelajah', petualang, traveler 'sejati' yang diukur dari kuantitas tempat yang sudah pernah dikunjungi membuat makna perjalanan ini luntur. Ya begitulah.

Kemarin pulang dari Bogor. Berangkat sore ke terminal Leuwipanjang dahulu, terus naik bis MGI ke Cibingong. Dijemput Mr. Riza di terminal sono membuat kekhawatiran saya berkurang. Jam 9 malam baru sampai di kantor tempat saya mengajukan application tempo hari.

Esok paginya ke Ciawi dulu, melihat bengkel fiber glass bis-bis karoseri di Indonesia. Pertemuan singkat banyak manfaat : Ilmu nambah, air minum gratis, relasi.

Perusahaan kecil sih, tapi saya optimis di sini saya bisa improve banyak, menggaet relasi dari berbagai bidang, meskipun gaji tidak sebesar multinational company dan hari Sabtu tetap masuk. Lokasinya agak di pedesaan memang, tapi sepertinya lebih baik ketimbang harus tinggal di kota seperti Jakarta. Next week saya diminta mulai start kerja. Dengan waktu sesempit ini, banyak hal yang harus saya bereskan terlebih dahulu di Bandung, mulai dari proyekan dari Ardan yang masih classified, bisnis yang sama2 masih dirahasiakan, dan juga karang taruna. Sanggupkah seminggu ini kelar? Lessgow saja..