5.7.16

Perpisahan-perpisahan dan pertemuan-pertemuan

Dulu-dulu momen menjelang mau lebaran, sering kali saya pasang status : "sampai jumpa di Ramadhan berikutnya",  atau "semoga dipertemukan kembali dengan ramadhan berikutnya :(". Dengan nada seolah-olah sedih kehilangan bulan mulia tersebut. Padahal sejatinya saya hanya latah, gak sedih sama sekali, ingin keliatan orang kalau saya sedih ditinggalin bulan ramadhan, ngikutin tren status di medsos, tanpa melakukan banyak kebaikan selama bulan itu. Atau pernah sedih tapi karen patah hati. Ramadhan kali ini pun sepertinya tidak jauh berbeda. Saya tidak banyak melakukan kebaikan. Kalah telak jika dibandingkan teman-teman sebaya yang bekerja siang malam mencari nafkah tapi tetap istiqomah I’tikafnya, puasanya, sholat berjamaahnya, dan lain-lain.

Ini rasanya gak semangat sekali menulis catatan akhir ramadhan ini. Kali ini banyak terjadi perpisahan. Dengan Bang Narji, tokoh imajiner saya yang doyan jualan CD, mainan mobil-mobilan dan buku-buku novel pake ngaji. Bang Narji bukanlah saya. Saya bukanlah Bang Narji. Dia adalah sosok khayalan yang jauh berbeda sifatnya dengan saya. Dia muncul secara tiba-tiba di acara karang taruna di pertengahan Ramadhan kemarin dan cukup jadi hiburan saya, cukup memberikan saya rasa bahagia ketika melihatnya bisa berbagi sekaligus membuka kran pahala orang lain dengan mengaji dan mencoba membuat lapak jualan jadi ladang keberkahan. Belum lagi di ujung-ujung ramadhan dia buka jasa Ojek onlen nganter orang ke masjid. Kalau dipikir-pikir mana ada untungnya sih, katanya. Selama buka jasa ojek ini, belum ada satu pelanggan pun yang berminat. Ha ha ha.

Perpisahan kedua dengan orang-orang sholeh di Al-Lathiif yang semangatnya buat tarawih, qiyam, i’tikaf, dan membaca Al Qur’an begitu bergejolak terus menerus dari hari pertama hingga hari terakhir. Da aku mah apa atuh ikut-ikutan qiyam di raka’at ketiga jatuh pingsan. Lemah pisan. Untung waktu itu ada si Jek, tetangga deket rumah. Padahal sebelumnya makan ayam dimaduan pas buka bareng teman-teman karang taruna. Mungkin karena ayam tersebut menjadi lemah hatinya karena dimadu, dia gak kuat, jadi nular kepada pemakannya.
Perpisahan ketiga, perpisahan dengan kolak pisang dan gehu haneut bikinan si ibu tiap mau buka. Karena saya yakin setelah Ramadhan, jarang kali si ibu bikin-bikin beginian lagi.

***

Tantangan berikutnya adalah, saya harus berhadapan dengan kegilaan-kegilaan setan-setan yang mulai dilepas besok pagi. Kalau selama ramadhan setan dikurung saja saya masih banyak bikin masalah, bikin dosa, apalagi kalau mereka dibebasin. Tolong..

***


Perpisahan-perpisahan tadi memang bikin ngedown. Tapi dibalik perpisahan ada pertemuan. Dan yang paling fenomenal di tahun 2016 ini khususnya Ramadhan kemaren, pertemuan dengan Allah. Bukan literally ketemu, tapi lebih ke arah jadi punya niat benerin diri. Kalau sebelum-sebelumnya saya ngerasa cobaan teh banyak pisan dari mulai ada saja halangan untuk bekerja di perusahaan idaman, gagalnya proses menjemput si cinta, musibah ini itu, maka dengan rentetan kejadian yang saya alami kemarin-kemarin, saya TIDAK MENYESALI SAMA SEKALI akan kegagalan-kegagalan kemarin itu. Mungkin kalau gak gagal, gak bakal deh deket-deket masjid. Gak bakal tau agama. Gak bakal dipertemukan dengan orang-orang shaleh bia kebawa-bawa. Orang-orang banyak yang bilang kalau saya jadi so alim, jenggotna geuleuh, ceramah wae, nyepet-nyepet wae. Emang iya ya? He he he..

Gapapa deh dikatain begitu. Udah bahagia dengan cara seperti ini dan bukan hal yang perlu dijelasin kebahagiaann macam apa yang saya dapet. Pokoknya happy terus.... ha ha ha...

Allah ada,   masalah tiada..

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...