18.7.12

Pelarian 2 - Solo ( Day 1)

Solo,
July 13th 2012

Pimnas selesai. ITB Jeblok! huftinah. Alhamdulillahnya timku dapet medali perunggu. Isti, Wati,Lendra, Vion (gak ikut lagi kape di Papua sambil pake koteka), you rawkkk!!! :D

Jadi ceritanya, semalem kontingen ITB udah pada cabs duluan ke Bandung jam 1an abis acara beres. Saya gak ikut. Mau melarikan diri dulu dari bayang-bayang kehidupan mahasiswa yang belum mendapat tempat KP. Pelarian pertama adalah Jogja itu sendiri. Pelarian 2 ini rencana tambahan, karena jaraknya cuma 45 menit dari Jogja. Solo.

Pukul 5 pagi sudah mandi. Masih pakai air hotel jadi masih bisa dapet yang anget-anget tahi kucing. Si Habib belum bangun, Hadi masih mimpiin juara pimnas mungkin. Yaudah daripada nunggu mereka mengumpulkan nyawa, saya pamit duluan dari kamar 202 itu. Jam 6 di arloji. Pesan taksi belum datang juga. Tapi alhamdulillah berkat kegesitan mas-mas resepsionis hotel-yang kayaknya belum mandi-saya dapat taksi. "Pak, Stasiun Tugu!"

Jam stasiun menunjukkan jam  06.38. Tiket seharga sepuluh rebu sudah ditangan. Nama kereta : Prameks. Siapapun boleh menyangka bahwa kereta ini adalah produk obat sakit kepala. Lapar. Beli burger di stasiun. Bukan double sheeseburger pastinya. Yang ini namanya Cheese Go Bang Go Cheese.

Jam 6.52 si Prameks sudah datang, tadinya saya mau duduk di samping pak kusir, tapi karena gak ada kusir, saya duduk di kursi. Gerbong paling belakang, kursi paling belakang.

45 menit berlalu, sampailah di stasiun balapan. Kalau saya boleh berspekulasi, mungkin dulunya di tempat ini tempat kereta drag race. Satu yang saya tau dari tempat ini : Didi Kempot.

Hari ini sudah janjian sama si Bom (cempaka). Doi mau ngajak keliling Solo. Tapi doi belum nyampe juga di mari. Yasudah nyari penginapan dulu. Djayakarta penuh. Padahal kelihatannya bagus. Nemu depannya ada namanya Tri Hadhi. Tadinya mau nyewa yang kelas ekonomi. Sudah liat kamarnya. Di ujung lorong, dekat wc, tanpa ac, tanpa tv. Oh tidak saya ini pemberani coy. Pengen yang menantang. Jadi beralih ke kelas eksekutif aja. Biarpun agak mahal, setidaknya tantangannya lebih gitu. Lantai 2. Bisa bungee jumping.

Habis Check in, Bom dateng membawa mobil kijang silvernya. Sumpah pangling banget liat si Bom. Udah jadi dokter gitu dia. Oke sesuai janji, doi bakal ngajak saya keliling solo. Tempat pertama : Isi tangki perut.

Ketemu tempat sarapan. Namanya nasi liwet. Kalau di Sunda, nasi liwet itu nasi yang hampir mirip bubur, dengan racikan bumbutertentu. Biasanya rasanya asin. Bisa dari garam, ikan asin, atau upil. Tapi nasi liwet di Solo beda sekali. Ada telor, sayur yang isinya serutan waluh. Nikmatnyaa Alhamdulillah~.

Lanjut perjalanan keliling tak tentu arah. Sepanjang jalan saya hanya melihat pemandangan rindangnya kota Solo. Jalan Slamet Riyadhi ada sebuah jalur kereta. Kata si Bom, itu  kereta wisata yang hanya beroperasi kalau ada yang menyewa. Lain kali kalau saya sudah jadi Presiden Maladewa, saya sewa deh tuh kereta. Sesekali percakapan saya sama si Bom diselingi curhatan doi tentang dalang pujaannya. Kocak sekali. Tak disangka si Bom yang dulunya cupu sekarang jadi diperebutkan para lelaki.hahahah..

Diteruskan ke tempat si Bom bayar PDAM katanya. Saya sih ikut-ikut aja. Menikmati  pelosok Solo.

Pit stop kedua : Kampung Batik. Beli batik karena saya gapunya baju sopan lagi -__-. Alamatnya di Jalan Yos Sudarso. Masuk gang-gang gitu yang isinya rumah-rumah biasa. Tapi di dalamnya banyak batik. Beda kalau di Bandung. Masuk ke gang-gang malah nemu Mba Atik berdagang dirinya sendiri.

Pit stop ketiga : Masjid Fatimah. Sambil menunggu saya jum'atan, nemenin si bom beli mmc buat kameranya ke sebuah mall layaknya BEC Bandung. Habis itu beli Es Buah dengan pewarna aneh warna pink-pink gitu deh...

Ini kebiasaan gak berubah mau di kota manapun. Kalo capek, Jum'atan diisi dengan tidur dari adzan sampai Iqomah. Astagfirulloh maafkan Baim Ya Allooh~

Pit Stop keempat : Mbak e cempaka mau ngirim paket ke tetehnya, ke JNE deket Palasarinya Solo. Nemu buku bagus, Pramudya Anantatoer seharga 30rban. Ditawar sambil berlagak pergi, tetep aja harganya gak turun. :p

Pit Stop kelima : Es Masuk. Ini nih tempat makan top cer! Ada di Jalan Yos Sudarso, masuk gang lagi. Suasananya kaya keraton gitu. Khas Jawa banget. Saya pesen Nasi Garang Asem (itu semacam pepes ayam, pake santen, racikan bumbu lainnya, ada toimat, timun, dll). Si bom pesen Nasi pecel. Yelah di Bandung udah bosen saya liat pecel. Itu kalo badan pecel, enaknya dipijit. Oya adalagi makanan enak. Namanya Selat Gelatine. Itu kayak Rolade dicemplungin ke kuah yang isinya salad. Klo kata chef Farah Quinn : Mmm Yummy.. Pesen juga Es Shanghai. Lagi-lagi pewarna makanan warna pink-pink lagi. doyan amat pake warna pink ya orang Solo.

Pit Stop keenam : Pasar Triwindu. Tempatnya barang-barang jadul nih. Dari kunci gembok WC nya keraton Solo, sampai helem Daft Punk ada disono. Saya nyari atribut sepeda onthel. Dan wowww harganya terlalu wih. Emblem depan seharga 60rb, lampu belakang 30 rb. mati lah awak. Akhirnya gajadi beli. Cuma beli kaos. Ini backpacking atau apa sih? Tiap kaos kotor langsng beli baju baru. hedeeeh..

Pitstop ketujuh : Masjid yang sebelahan sama Gereja. Oh Indahnya perdamaian ya :')

Pitstop kedelapan : Konter Smartfren,isi pulsa modem.

Pitstoop kesembilan : Toko baju. Beli Celana Jeans karena yang kemarin sudah bau ketek. Biasaaa,, suka dipake di ketek.

Bom sudah ditelpon ibunya. Ini berarti saatnya Tubbie berpisah :(. Kenapa buru-buru sih cem. Udah dibela-belain melarikan diri ke solo buat main bareng malah pulang duluan. Kangen gila gue bom! But Thanks anyway.Hari ini luar biasa sekali!!! Sayangnya saya gapunya media dikumentasi apapun selain sketsa, buah tangan dari karya Tuhan yang luar biasa yang memberikan nikmat padaku tangan ini.

Terima kasih cempaka irawati! See you soon, sist! I'll be back! SOLO :)