15.2.13

Rose is red, sky is blue. F**you


Saya masih terngiang ceramah jumatan masjid salman 2 minggu lalu. “permudah, jangan persulit” Tiga kata namun selaksa makna. Ini bukan hanya di Islam saja, semua agama tak pandang kasta diajarkan dari sananya untuk berperilaku begitu. Pasti ada lah di kitab suci masing-masing. Dalam tafsir yang berbeda-beda, kalau diartikan secara umum ya tolong menolong sesama manusia. Itu saja.

Siang tadi waktu Bandung tanpa hujan. Panas memang. Apa karena panas, pelayanan harus dengan kepala panas?
Mahasiswa tingkat akhir biasanya banyak berurusan dengan namanya Tata Usaha. Banya surat-surat yang diperlukan dan mau tidak mau harus melewati bagian yang satu ini. Perkenalkan, namanya Birokrasi.
Diceritakan saya telat masukin mata kuliah online. jadi harus ngurusin. Cuma tanda tangan dosen wali sih, butuhnya ya pasti ke TU. Namanya orang butuh, harus minta kan ya. kucluk kucluk saya ke Tata Usaha Desain Produk. Jam 2 siang aat itu hanya ada 3 orang, sebut saja Hanoman, Gatotkaca, Rahwana. Saya tidak tahu apa ada perkataan saya yang salah atau bagaimana. Saya merasa saya meminta dengan sopan, attitude orangbutuh gimana lah saya juga tahu. Setelah saya mengutarakan maksud dan tujuan, si Hanoman pura-pura tidak mendengar dan memainkan ipadnya. Asyik sendiri. Gatotkaca juga sedang bermain komputer. Lalu ada Rahwana. (saya sedang berusaha mencari kata-kata sopan untuk mendeskripsikan momen ini). Ya rahwana menghampiri saya.

SESI 1
saya : “pak kalo saya telat PRS gimana ya pak. Saya udah bawa kartu studi sementara sih ini apa2 yang mau dihapus sama tambah” *nunjukkin kertas”
rahwana : “ya bentar”..sambil ngutak-ngatik apa tak jelas dengan raut wajah seperti ‘duh’
Lalu beliau menghampiri..
rahwana : “ini apaan? buat apa?” *loyo*
saya: “buat ngurusin telat prs pak. abis ini saya ke annex.katanya jum’at ini terakhir”
rahwana : “kamu tulis yg mau dihapus sama ditambah”
saya :”ini udah pak”
rahwana :”lah terus?”
saya :”saya mau minta tanda tangan kaprodi aja buat atas nama dosen wali”
rahwana : “ya gabisa gituuu..”muka asem*
saya : “kalo menghubungi pak **tinus susah pak, sms gak dibales, telfon gak diangkat. deadlinenya senin. besok kan libur”
rahwana : “yaa kamu sms dulu lah sana.. telpon juga. salah siapa ngedadak.”
saya : “iya pak udah tapi tetep gak dibales.jadi kalo ke pak **dar saja gimana pak. saya mohon banget. kalo gak hari ini sy gabisa kuliah ini”
rahwana : “ya gabisa gituuu..”muka asem*
rahwana : “kamu harusnya ngehubungi dosen wali dulu lah.saya gak mau tau.”
saya : *diam*

*hening…
saya : “oke makasih ya pak”

dari kalimat terakhir itu sudah jelas kalau si rahwana tidak berniat membantu.


SESI 2
Saya sudah tidak berniat ngurus surat penangguhan PRS ini. Singkat cerita saya hanya ngambil 3sks saja, dari rencana menambah 2sks lagi.
Habis ini, saya mengurus surat keterangan lomba. Diperlukan Endorsement Letter untuk mengikuti lomba ini. Lagi-lagi saya menghadapi TU. si Rahwana.

saya : “Pak saya mau minta bikinin surat keterangan lomba pak. kayak gini” *ngasih contoh*
rahwana: “buat apa” *loyo*
saya : “buat lomba pak.hehe” (dalam hati : kan aing geus ngomong sateh keur lombaa!)
dia menatap contoh surat tsb agak lama. entah dibaca atau apa karena teksnya bahasa inggris.
rahwana : “yaudah kamu masukin dulu nama kamu sama nama kaprodi”
saya : “kalo sekalian sama bapak yang bikinin gimana pak? kan di DP udah ada kopnya juga”
rahwana : “yaa udah sekalian aja lah kamu yang bikin biar gak bolak balik”
saya : *diam* “ooh”

Okelah karena saya bawa laptop juga. Saya masih ga masalah dengan ini. Tapi tetap saya merasa kurang dihormati. Bukankah itu memang tanggung jawab sebuah tata usaha? Itu satu.

saya : “pak, ini udah”
rahwana : “yaudah sok”
saya : *bingung*.. “sok apaan pak? bapak yang ngasiin ke pak andar gimana?”
rahwana : “ya kamu saja”
*ih anjing aing kesel sumpah di dieu*

saya : “yaudah kalo gitu. kalo saya ngeprint disini boleh pak? satuuuu aja..hehe..”
rahwana : “aah gabisa! tuh lagi dipake kerja”

anjir aing juga ningali tah printer teu dipake nanaon, teu pira ngan ngprint salembar fakyu!

saya : “oke makasih” tanpa ngeliat muka si rahwana kampung.

Saya mengerti betul tata cara sopan santun, apalagi saat butuh orang lain, apa lagi orang itu lebih tua dari saya. tapi bukan berarti lebih tua harus gak menghargai yang muda juga sih.

Saya hanya minta dipermudah. Puncaknya ya ini, Ngeprint selembar kertas saja menolak. Saya harus ngeprint di Planologi naik turun tangga berjarak 600 meter 3 kali bolak balik dengan menenteng laptop 5kg karena salah format penulisan. Sementara Si Rahwana Kampung itu menyantap bala-bala dengan printernya yang nganggur. 

Kejadian ini tidak sekali. Saya sudah mengalami berkali-kali di TU yang sama. Saya pikir ini puncaknya. Dan yang begitu bukan hanya staff, ada beberapa dosen. Saya tahu betul karena banyak berurusan dengan mereka. Lain kali saya mau tulis ini di surat pembaca koran. Curhat saja.

Terima kasih ya, Rahwana. Fakyu. Gadblesyu

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...