7.6.13

Self Branding - Name

Nama. Adalah do'a. Adalah merk. Identitas yang menentukan bagaimana cara sebuah benda/makhluk itu diketahui keberadaannya oleh sekitar. Tapi apalah arti sebuah nama, kata pepatah. 

Ardhyaska Amy.
Ardhy : Bumi (arab). Filosofinya, manusia berasal dari tanah, dan akan kembali ke tanah.
Aska : Nama kakek dari ayah (Askadidjaja), Asli Kawali (konon dulu ada kerajaan Kawali)
Amy : Nama kakek dari ibu (Amijaya). Keluarga besar turunan Garut.


Cukup kelihatan? Yang di belakang kelihatan jelas? Itulah latar belakang nama saya. Saya sendiri baru tahu arti nama ketika mulai kuliah. Saat obrolan serius anak laki-laki dengan ayahnya. Curiosity saya lemah mungkin ya. Seumur-umur punya nama baru tau ketika umur 18. Itu pun dikasi tau babeh.



Emang susah ya tu nama? Aneh, kata istrinya si maskukuh nama saya bagus. Kata mantan kekasih dulu juga iya. Tapi begitu putus langsung terlihat buruk :( . Saya heran kenapa banyak salah menyebutnya. Padahal masih pake alfabet, belum pake arab gundul. Penyakit ini mulai akut ketika masuk SMP. Hari pertama sudah begini. Ketika ospek dipanggil kakak kelas.



"ardhyaksa!!"
saya ngacung stengah lengan
"ARDHYAKSAAA!!"
"ini kak disini!" (ngacung jari telunjuk. waktu itu masih jamannya ngacung pake telunjuk ya, bukan tangan)
"mana yg namanya ARDHYAKSAAA!!!"
"INI KKKAAKK!!!" (teriak kesal..sambil ngacung2 jari telunjuk..)
terbesit niatan buat ngacung jari tengah.

***

Ada lagi SMA. Minggu pertama nih ada mata pelajaran bahasa inggris. Saya lupa bu siapa. Beliau sudah udzur sih. Waktu absen..


"Adiyasa! Siapa ini namanya?" (sambil benerin kacamata).

dalam hati teh : "hah? aing maksudnya?"
Dipanggil lagi
"adiyasa mana adiyasa?"
"saya bu! tapi itu ardhyaska bu" saya koreksi.
"Iya betul kan adiyasa"
and yes. it happen again. Selama satu tahun bu guru itu mengajar, itulah nama absen saya di matanya.

***



SMA kelas 3. Malam-malam jam 12an ada telpon masuk. HP nokia dulu ringtone-nya bak toa masjid, getarannya bak gempa krakatau. Saya bangun.


A : "mmm...hoaam.. halo salamlekum.."
stranger:"walekum salam" (waini!! yg nelpon suaranya berat! hampir saya panggil om. anehnya, ngapain juga nelpon malem2?)
Stranger : "halo, mmm om. Amy nya ada?"


*jirr tau dari mana coba nomor gua?*
A : "hah??!! oo amy.. ada. ini siapa?? *Dia sangka saya bapaknya si Amy. kepalang nanggung saya kerjain juga dia*
Stranger : "ini Rudi"
A : "Rudi mana ya?"
Stranger : "temen smp-nya om, dari jogja" (geblek aing gapunya temen di jogja namanya rudi. Kalo rudi hadisuwarno aing tau, tapi dia bukan wong jogja)


Untuk selanjutnya, Stranger ini saya panggil R.
A : "tau nomor amy darimana?"
R : "pesbuk, om"


Lalu saya ingat dulu jaman jahiliyah fesbuk booming, semua data pribadi dimasukin situ tuh biar temen lama kalo mau ngontak gampang.


A : "oo.. bentar ya. om panggilin dulu amy-nya"
R : "makasih om"
beberapa saat kmudian..
A : "halo"


R : "halo om gimana?"
A : "ini Amy. ada apa Rud?"
sejurus kemudian...



R : *tuut tuut tuut.. gujes gujes...*.*panggilan terputus. Atau mungkin Rudi nenggak baygon cair karena kecewa pada Amy yang dia harap serupa Maudy Ayunda. 

Inilah awal mula ke-girly-an aing. Selanjutnya, makin menggila.

***


Masih SMA kelas 3. Waktu pengumuman USM. Buka situs itb lama benget. Sambil nunggu, buka fesbuk.
*PLOK!!!* bunyi tanda ada yang ngajak chat.
ECHO namanya (sudah saya remove sekarang mah.hehe.. maaf ya! :)



E : hAi! :)
A : hoi hoi!
E: LeH kNaLLand 9a?
A : *maneh ngomong naon?? :|* (tadinya mau ngetik itu. saya ketik, saya hapus lagi).
A : boleh2..
E : aMy skUL/kUl? *cie ala mirc gitu doi*
A : saya orang.manusia.asli anak Adam. bkan skul/kul. km? *jir jawaban aing bocah. rujit*
E : hAgHagHAgs..Qm lUcHu DeCh.. aQ Dah Mu Kul. Qm nAq MnA?
A : *eh?*
A : bandung
E : ko jwApnYa ZiN9Kat" cih?
A : warnetnya laknat nih. jdnya lama deh.. 
E : Qm c0/ce?
A : cowo. liat aja info-nya!
E : ooh.. sori2.. gw ol di hp.jd ga liat info lo.
*alhamdulillah tulisan dia normal kembali*
E : gw off dulu ya! thanks.


A : eh ko ko.. jangan mati koo..koooo 
dan itu percakapan kita yang pertama dan yang terakhir. Malangnya nasib si eko.
ekooo.... eko.. knapa namamu dianeh-anehin jd ECHO?? Yang saya tahu ada Bakso namanya Niki Echo di cicaheum enak gila.

***


Masa kuliah. Minggu,4 oktober 2009 pkl 23:32:18 WIB
bzz...bzz.. sms? siapa nih?
Inilah sms2 asli yangg masih saya save di hp.
sms prtama: AMMyyy!!! (sy bales: hei.. siapa ini?)
sms k2: ini E.Y. (nama dsamarkan). lg ngapain my? (saya bales lagi: lg nonton. ada apa nih sms jam sgini?)
sms k3: gapapa.. cuma nanya, hehe..(saya: ooo.. E.Y. co/cewe? anak mana ya? ko tau nmr saya?)
sms k4: Cwo..nak upi..alumni 8 jga.. lum tidur?
Sudah tau sama-sama satu onderdil (laki).. masih brani nanya "blum tidur?" wtf. (sy bls: ada apa? ada yg bisa sy bantu?
sms k5: Gax ada apa2..liat di fb.hehe.. amy kul dmn?jur apa? (sy bls: oo.. sy di itb. fsrd. seni rupa dan desain)..END.



Saya gatau kenapa doi gak membalas sms saya. Mungkin dia baru tersadar dari imajinasinya ketika ngelem aibon.

***

Oke itu saja dulu, karena masih sangat-sangat banyak kesalahan pengucapan, penulisan, pencetakan nama saya. Akta kelahiran ada embel-embel "Priatna", KTP huruf Y diganti pake I, absen sekolah yang membuat saya dapat satu paket kerudung + rok panjang,dll. Tempo hari, di koran, waktu menang lomba, entah siapa yang salah, nama saya salah tulis. Ya kalo gini mau tenar juga susah. Padahal kalo udah tenar bisa lah dapet maudy ayunda.

Pun begitu dengan panggilan. Tidak pernah ada benarnya. Dari lahir sampai SD dipanggil Dias, SMP saya ganti jadi Ardhy (karena ada waktu itu ada temen cewek yang menurut saya gak cantik,item, namanyanya mirip.. Tyas. Saya ganti karena gamau diceng-cengin. Anjir aing waktu SMP jahat tendang-able pisan). SMA masih ardhy. Kelas 2 diubah semena-mena jadi Amy, Amoy, Amey. Itu semua diawali ulah si festy. Sampai ada juga Parley (ada guru pelajaran gambar namanya pak parli. Sama anak-anak suka disangka homobelum, padahal belum tentu. Karena di kelas saya suka gambar, maka disangkut pautkanlah saya sama si bapak ini. Fak.

Ya beginilah sekarang. Saya berusaha memperbaiki citra, tapi orang terlanjur tau Amy ketimbang Ardhy. Saya suka kebingungan sendiri kalau berkenalan. Tapi terserah orang memanggil saya apa, asal masih dalam sebutan yang baik.

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...