20.8.13

Swasta harusnya haram datang

Sore tadi, lalu datang para swasta. Lalu di antara mereka ada yang bilang : "Tu dua tiga empat lima.. Jir ini oskm ke lima yang gua alamin selama kuliah jir! 09, 10, 11, 12, sekarang udeh 13 aja nyet!"

Ya begitulah kira-kira gambaran sore tadi tentang guyonan para mahsiswa generasi tua di masanya yang belum lulus-lulus juga dan hari itu, kami malah tertawa-tawa di saraga. Untuk sejenak lupa akan tuntutan. Tapi kami-kami di sini adalah para pemilih jalan hidup. Kami manusia-manusia yang masih haus akan ilmu di luar ruang kuliah yang temaram, di luar absensi kuliah, di luar akademika saja. Kami yang masih dahaga akan pengalaman dan pertemuan dengan orang-orang hebat di kampus yang hebat.

***

Pukul 1.34 ke LK. Tadinya mau ketemu pak Brian namun doi tidak nongol. Pak Eka juga tak ada batang hidungnya. Ke DP. Ketemu si nathan, jamika, ema, selma, randy. Berduyun-duyun ke saraga. Katanya ada opening oskm hari ini jam 3 sore. Berhubung nanti anak-anak KM juga mau ke sana, saya tunggu di sana saja sekalian. Mager bolak-balik. Jam 2, 3, 4. Jam 4 sore baru mulai. Mobilisasinya terlalu makan waktu. Sekitar jam 5 kurang baru mulai opening. 






Saya tidak mau terlalu banyak berkomentar soal acaranya. Biarkan para tim yang berwenang saja yang membahasnya di sesi evaluasi nanti. Siapa tahu evaluasinya 3x24 jam tamu wajib lapor.

Satu pemandangan di langit-langit tunnel saat itu yang sarat akan pesan adalah yang satu ini.

photo by Nyoman Anjani

Pulang-pulang, saya masih terngiang-ngiang tulisan ini. Ada pula orasi dari sang presiden (yang ngambil foto di atas). Bunyinya kira-kira seperti ini :

"...kampus ini adalah tempat mencari ilmu bagi mereka yang selalu menundukkan kepala akan kecerdasannya dan mengadahkan kepala karena berani membela bangsanya.."

Itu!! Itulah pesan yang layak didapatkan tidak hanya generasi baru kampus ini, tapi seluruh akademisi yang menjadi bibit penerus negeri ini. Bukan kalimat-kalimat yang metafor dan hiperbol.

Well, selamat datang 2013. Selamat berjuang untuk negeri. Jangan hanya diri sendiri. Jangan berharap, tapi jadilah harapan.

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...