20.9.13

Angkotday versi Manusia Goa

Jadi, hari ini dari pagi sudah ributi-ribut sesuatu. Bukan suara anjing tetangga, bukan juga gosip-gosip ibu se-rukun tetangga. Tapi ini ribut-ribut di media sosial soal sesuatu yang gratisan. Biasa lah kalau ada yang gratis-gratis maunya dulu-duluan paling update. Nah, saya_yang notabene manusia goa_juga ingin dianggap up to date. Jadi, saya ikut juga nih yg gratis-gratisan. Apalagi angkutan umum. Hari ini 20 September 2013 ditetapkan sebagai Hari Angkot se-Kalapa-Dago.

***

Seperti yang sudah saya tulis di tulisan-tulisan terjaman dahulu kala, saya ikut angkot day di tahap-tahap awal. Ingat betul ketika saya menulis daftar hadir di urutan pertama di bccf. Lalu ada agam nawarin jadi korlap. Saya mah iye-iye tapi sambil ngabalieur. Ingat betul yang hadir saat itu cuma 30an orang. Tapi hari ini (menurut #KabarOji), sudah ada sekitar 150an volunteer. Saya ikut senang, mengingat visi kang Saska waktu itu soal Bandung yang mengoptimalkan public transport.

Berhubung akhir-akhir ini menjelang hari-H saya tidak banyak bantu di Angkotday ini karena organisasi dll, maka saya ingin berkontribusi walaupun itu sedikit. Pagi hari misalnya. Rencana ketemu si hanif jam 10an buat survey ke villa di dago. Dengan memanfaatkan momentum Angkotday ini, saya buat AngkotDay versi saya sendiri semata-mata membayar dosa karena tidak banyak membantu teman-teman risetindie.

Jadi pagi hari naik Caheum-Ciroyom. Turun di taman cikapayang. Dari sana lanjut naik Kalapa-Dago.


Nah karena sekarang status saya sebagai penumpang jelata biasa, saya tidak tahu ini angkot memang untuk angkot day ini atau bukan. Berhubung jarang taman Cikapayang dg ITB itu cuma tinggal ngesot, saya tidak ada benchmark yang bisa dijadikan acuan. Artinya, sebelum saya turun, saya ada orang yang turun lebih dulu supaya saya tau bagaimana dia turun, bayarkah? atau tinggal cabut begitu saja? atau haha hihi? Nah sialnya, tidak ada orang yang turun lebih dulu. Akibatnya, saya jadi termasuk tipe ketiga : tipe orang yang turun dari angkot gratis itu dengan haha hihi lalu bilang "nuhun pak". Watir lah mun maneh liat aing waktu itu. Emang terlihat seperti manusia goa. udik


***

Survey ke villa dago giri bareng hanif. Dulu tempat acara Inddes. Ketemu bu Siti. Deal-dealan tanggal dan harga. Habis itu turun gunung lagi.



Yang lucunya, sepanjang turun gunung dari dago atas sampai kampus, yang terlihat di bahu jalan itu kira-kira seperti ini maoritas orangnya. Berkumpul di pinggir jalan menunggu angkot gratis lewat. Dan kalau kata si arie sih : mau dia tajir sekalipun, kalau ada yang gratis buat dia selalu lebih baik.


Angkot terakhir seharian tadi ditutup dengan penampilan angkot caheum ciroyom ditemani pemuda pemudi berpasang-pasing. Saya duduk saja di paling pojok. Mainin bulu idung. Cabut-cabutin.


***
Tetapi apa yang saya dapat hari itu bukan dari AngkotDay ini. Mungkin karena kurang berperan aktif di hari H ini. Saya flashback dulu ke 3 jam sebelumnya.

Rakor tim desain karinov sama anak-anak dkv+dp di sekre KM. Bicara mengenai jobdesc dan lain halnya. Habis magrib rencananya ada forum sosialisasi PKM ke tpb 2013. Tapi nyatanya, dari 3000 mahasiswa tpb, yang ada di cc barat basement hanya 1 orang bernama imam. Di basement, saya sudah pasang badan buat ngadepin 3000 mahasiswa tpb, tapi di luar perkiraan, hasilnya begini. Mungkin karena ada beberapa hal teknis yang salah pada saat publikasi. Proyektor sudah pasang, basement kosong, jiwa raga sudah siap, tapi yang datang hanya 1 orang. 1/3000 mahasiswa itu berapa persennya sih? Oke. Walaupun judul presentasi saya diawali kata "forum", di sini saya sudah tidak peduli soal kuorum. Asal apa yang saya rencanakan itu terlaksana, itu tetap suatu prestasi. Walaupun kontribusi orang lain memang minim, saya malah lebih senang begini. Lebih baik 1 orang yang datang, duduk, dan mendengar keseluruhan apa yang saya sampaikan, ketimbang 3000 orang tapi mereka gak dapet apa-apa sepulang dari sana.

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...