25.10.13

GOD. Always listening, always understanding

Manusia ada untuk saling menolong. Meminta pertolongan tidak dilarang. Tapi tidak semua senang kalau diminta. Tolong menolong berarti ada pihak yang menolong dan ditolong. Persoalannya simpel. Mau atau tidak. Toh kalau sudah menolong tidak akan ditanya alasan apa menolongnya, atau kalau tidak menolong, alasannya tidak akan berpengaruh pada orang yang meminta tolong.

***


Dini hari, saya sudah sms puluhan orang untuk meminta pertolongan. Sampai pada jam yang diminta, tidak ada balasan dari satupun. Tadinya saya harus bimbingan TA. Hipotesa saya dulu-dulu tentang pengguna smartphone sepertinya harus diubah jadi kesimpulan akhir. Begini, semakin canggih alat komunikasinya, penggunanya terkesan semakin melupakan esensi penggunaan alat komunikasi itu. Kok ya susah amat bales sms/ngangkat telepon. Okelah mungkin lupa. Atau mungkin sibuk. Tapi apa tidak ada waktu SAMA SEKALI untuk mengecek kembali panggilan terakhir? tidak ada waktu lung untuk melihat isi pesan yang masuk? Di ujung hari? Sama sekali? Sama duakali? 

Saya berusaha sebisa mungkin membalas tiap pesan yang masuk jika memang perlu dibalas. Sekiranya lupa, saya akan tetap kirim walaupun telat berjam-jam. Tentu dengan awalan meminta maaf. Karena saya tahu rasanya berada di posisi orang itu. Apalagi jika keadaan sangat dibutuhkan.


Hasilnya dari meminta tolong lewat sms pada manusia itu nol besar. Karena tidak ada yang bisa. Karena kesibukan ini itu mungkin. Tapi pertolongan nyata hanya dari Allah. 

Sebelum Jumatan untungnya ada dini. Saya sempet jumatan dulu. Siangnya ada si mifta. sore pun pergi lagi.

***


Pukul 2. Di sekre masih ada dini yang jaga sekre. Saya hanya punya waktu 45 menit untuk bimbingan TA sebelum dia ada kelas. Ke Kimia. Masih ada Pak Zei. Ngobrol-ngobrol santai soal TA. Nunjukkin studi model. Ternyata belum sesuai harapan. Model yang dibuat ini masih untuk yang di darat. Di dalam laut memakai sistem balon udara yang diikat jangkar. Yang di permukaan dengan sistem tabung-tabung terapung yang luas penampangnya cukup luas. Semakin luas penampang, cahaya yang diserap lebih banyak. Diikat dengan tali alasannya supaya mengikuti arus laut, bukan melawannya (tidak mudah rusak). Ya itu sih teknis. Tapi saya tulis di sini supaya nanti pas buat lampiran wawancara masih ada yang ingat-ingat.


Ada hal-hal menarik lain yang saya tangkap dari pembicaraan tadi.
1. Desain itu bukan tentang benar atau salah. Tapi tentang suka atau tidak suka. Dan argumen di tiap desain lah yang bisa menjadi parameter desain tersebut disukai atau tidak disukai. Men!! Gue tau ini dari dosen kimia! Mr. Zei you're awesome!

2. Masalah itu bukan ditinggalkan, tapi ya dihadapi. Yes! Don't stop when you tired, stop when you're done. Pelarian liburan di tengah ancaman preview TA itu tindakan pengecut. Lawan! Selesaikan!

3. Tentang Mabok.
"Alkohol itu haram atau halal?" Beliau berasking. "Ya haram pak". itu juga katanya.
Ternyata beliau jelasin secara science. Alkohol itu dari ragi. Ragi itu dari tumbuhan. Tumbuhan haram? Kalau tidak, berarti alkohol itu tidak haram. Alkohol itu gak bikin mabok. Kalau dosisnya tidak berlebihan.
Contoh lain. Main game online haram? tidak kan? tapi kalau sampai lupa solat, lupa makan, lupa istri, anak? Itu haram. Main game itu mabok.

Mabok diartikan sebagai hilangnya kendali atas diri. Orang mabok masih sadar, tapi lupa dirinya sendiri. Kalau sama diri sendiri saja lupa, apalagi sama Tuhan.. nah itu baru haram. Coba dilihat dulu pesan yang terkandungnya. Jangan serta merta menjudge sesuatu "kata orang" itu haram langsung dikata haram juga padahal tidak tahu penjelasannya. Malah cuma ikut-ikutan. Ini yang kebanyakan terjadi di masyarakat. Karena kurangnya rasa ingin tahu akan kejelasan sesuatu, jadi aja cuma ikut-ikutan belain yang belum tentu bener. Pas ditanya, jawabnya cuma "katanya", mungkin, kalo ga salah. 

Banyak sekali ilmu deterbangan liar di ubun-ubun sore tadi. "Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik"

***

Main Hp haram? Kalau main hp sampai lupa waktu? lupa esensinya untuk sarana komunikasi sesama manusia? hanya dipake senang-senang? Ya saya gabisa ngasih fatwa haram juga sih nanti dirajam hipster-hipsteria dan para pengguna hp senusantara, karena basically, aku suka music.

***

*Ketik SMS.*

Mohon bantunnya.. buat jagain sekre pkm keluarga, teman-teman, calon istri, calon anak, tetangga, saudara, dunia dan segala isinya hari ini (esok dan seterusnya..). Saya mau bimbingan TA dulu.. (supaya TA saya ini berguna untuk banyak orang)..Amin
Send to :

Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...