18.7.14

10 Langkah Berbuka Sehat. Recommended gan!

Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Contohnya adalah gehu pedas yang kelebihan pedas. Kalau saya menjadi aktivis, saya akan buat label "Save Humanity" pada setiap gerobak gehu pedas yang kelebihan pedasnya. Itu karena pedasnya yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perincernaan. 

Jadi ceritanya selama ramadhan ini saya berbuka tidak dengan yang manis lebih dulu. Karena selain saya jomblo, di meja makan yang paling terlihat afdol untuk berbuka puasa adalah gorengan, ketimbang cendol elisabeth atau kolak. Jadi, di selera makan saya, hierarki nya adalah begini: adzan TVRI > Alohumalakasumtu > teh hangat > gorengan cocol sambel > yang manis-manis. Pagi harinya, saya baru paham makna lagu roma irama : "Kenapa semua yang enak-enak itu diharamkan". Perut melilit. Alarm untuk buang hajat sudah waktunya. Kalau di snooze juga tetep hasrat itu ada lagi.

Akibatnya, sedari pagi perut sala nyut-nyutan. Dioles paramex gak mempan-mempan. Hanya dengan bersabar sampai berbuka sepertinya, masalah perut ini bisa diselesaikan. Daripada tersiksa seperti saya, nih saya beri beberapa tips buka puasa ramadhan sehat ala Mi. Ala ami. Apa sih mi.

1. Berbuka saat adzan magrib. Karena kalau saat nya Tubby berpisah itu hanya dilakukan Tinky Winki, Dipsy, Lala, sama Poh.

2. Menyegerakan berbuka. Artinya, pilih tv lokal. TVRI lebih disarankan karena lebih netral. Adzan-nya sesuai KBBI (Kaidah Beradzan Bandung Insya-Allah-Sah). Contoh: Di bandung ada beberapa tv lokal. Kalau kamu tinggal di Cicaheum, jangan pilih MQTV, karena itu mereka menggunakan Waktu Daerah Ledeng dan sekitarnya. Jangan pula memilih BaliTv. 

3. Jangan Membaca Do'a Berbuka Puasa (Allohumma laka shumtu wabika aamantu waala rizqika aftortu. Birohmatika yaa arhamarrahimiin) di dalam hati. Karena di dalam hati cuma ada kamu.

4. Minum air teh hangat. Bukan teh panas. Pokoknya kadar hangatnya harus sesuai maunya perut. Cara membuat teh hangat sangat mudah. Air teh dimasukkan cairan minyak telon. Karena minyak telon...

5. Mulai cicipi kolak pisang atau sejenisnya. Kalau yang punya kurma juga gapapa dimakan saja. Yang punya bubur kacang juga makan saja. Asal jangan makan teman.

6. Jangan lupa, bernafas.

7. Baru masuk ke menu gorengan. Disarankan, gorengan itu digoreng dahulu sebelum dimakan. Karena lebih nikmat. Untuk beberapa jenis gorengan, perhatikan isinya. Kalau isinya orok jangan dimakan. Kalau isinya banyak cabe-cabeannya, keluarkan cabe-cabe itu dan beri nasihat, lalu berilah mereka kerudung syar'i suapaya tidak terjebak pergaulan bebas.

8. Beberapa jenis gorengan ada yang mengandung kolesterol tinggi. Supaya tetap sehat, makanlah sambil posisi kayang atau sikap lilin. Jangan salah! Itu adalah proses pendinginan. Mirip seperti habis senam SKJ2000.

9. Minum air langsung dari mata air pegunungan Alpen. Khasiatnya tinggi. Kalau gak mau repot, ya air biasa aja baik juga. Cuma khasiatnya tidak begitu tinggi.

10. Pulang dari pegunungan Alpen, solat Maghrib janganlah lupa. Bisa di Kazakhstan atau Timbuktu. Tergantung mana yang lebih dekat. Selama masih menghadap Kiblat. Bukan menghadap calon mertua.

Nah sekian tips dari saya. Sok coba sok sendiri. Saya sih enggak

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...