24.12.14

Catatan Akhir Tahun

Life is not a matter of chances, it's a matter of choices. And finally it comes to an end, I've made a choice.

***

December 24th

Setelah sekitar 7 bulan saya di Karang Taruna Jatimandiri ini, saya sampai pada satu titik di mana saya harus mengambil keputusan hidup yang terbaik. Saya harus berhenti (dulu) untuk mengurusi organisasi. Alasannya? If you want to go far, go together. If you want to go fast, go alone. 

Jika melihat ke belakang, dari yang awalnya saya hanya orang asing di daerah ini, sampai sekarang menjadi ketua, rasanya itu mustahil dilakukan dalam 1 tahun. Namun memang begitu kenyataannya dan selama ini saya berusaha sebaik mungkin mengemban amanah dan menjalankan tanggung jawab tersebut. 

Selama ini saya berharap banyak dari Karang Taruna, sebagaimana dijelaskan dalam visi misinya untuk mencapai kesejahteraan bersama. BERSAMA. But what will you do if you are the only person who have such a huge spirit while the others just being silent? Dulu, saya pikir saya bisa menjadikan Karang Taruna ini sebagai tempat bekerja atau sekedar mencari tambahan uang jajan. Toh sudah banyak saya dengar cerita sebuah daerah yang berkembang karena Karang Taruna-nya. Berkaca dari situ, maka saya putuskan untuk fokus di sini, melakukan banyak perombakan, kegiatan-kegiatan, dan tak lupa juga ada mainnya. Terlalu serius itu membosankan bukan? Maka, satu persatu kegiatan pun berjalan. Anggotanya perlahan-lahan bertambah, meskipun ada juga anggota pasif. Tanggapan warga pun bervariasi, mostly positif sih, apalagi melihat antusias warga setiap ada event. Semakin saya melihat aura positif seperti itu, semangat saya makin liar dan harapan saya makin besar untuk ke depannya. But it's not that easy as a blinking of an eye. Once my friend said, don't expect too much. It'll kill you.

Agenda rapat akhir tahun barusan hanya berujung pada obrolan-obrolan singkat antara saya, bang omen dan dedi. Tadinya mau evaluasi dan sekedar say goodbye ke semua anggota karang taruna karena saya akan bekerja, di Bogor. Itu artinya kecil kemungkinan saya mengurusi tarka ini secara rutin like I used to be couple of months ago. Tapi ternyata gak pada datang juga. Ya sudah.

Antiklimaks di ujung tahun.
Thank you Jatimandiri 06. I don't know which one do I have to say. Goodbye or See you soon.

No comments:

Post a Comment

Trip Intergalaksi

Selasa, 23 Juni 2020 03.22 dini hari Kisah ini saya tulis begitu bangun tidur dari mimpi yang tidak akan pernah saya lupakan. Mimpi yan...